Sabtu, 30 April 2011

Doa ibu itu makbul?

"Dasar anak bodoh!"
"Mati saja kamu, kalau hanya membuat malu keluarga!". 
"Mudah2an kamu tertabrak truk saja kalo begini!!"
"Bodoh!". Teriak seorang ibu bertubi-tubi pada anaknya.
Na'udzubillah.. Ampunilah ibu ini ya Allah, redakan amarah dan lembutkan perkataannya.
Miris hati ini melihat, mendengar ada seorang ibu yang mengeluarkan sumpah serapah terhadap anaknya. Bahkan tidak segan-segan memukul anaknya seperti memukul binatang.

Sering saya mendengar, "Perkataan seorang ibu adalah doa", "Doa ibu itu makbul atau terkabulkan", "Ridho orang tua adalah ridho Allah". 
 "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya". (Al-Isra': 23)
Dari Abu Hurairah sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tiga macam doa yang pasti terkabulkan; doa orang tua untuk anaknya, doa orang musafir dan doa orang yang teraniaya". (Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Al-Albani).
Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah saw dan bertanya kepada beliau, “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling berhak aku perlakukan dengan baik?” Beliau menjawab, “Ibumu! Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Rasul menjawab lagi, “Ibumu!” Ia balik bertanya, “Siapa lagi?” Rasul kembali menjawab, “Ibumu!” Ia kembali bertanya, “Lalu siapa lagi?” Beliau menjawab, “Bapakmu!” (HR. Bukhari dan Muslim). 
Lihat bagaimana seorang ibu lebih dimuliakan kedudukannya. Tapi jika demikian kondisinya,  apakah terkabulkan doa ibu tersebut? Ibu seperti apakah yang sebenarnya dimaksud oleh hadist itu  atau oleh pepatah itu.. Sosok ibu seperti apa yang doanya makbul itu? 

Wahai ibu, lembutkanlah suaramu. Doakan yang baik-baik terhadap anakmu. Bukankah juga ada pepatah yang mengatakan "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, sifat seorang anak tidak jauh dari orang tuanya". Janganlah mempersulit seorang  anak untuk ikhlas berbakti padamu, mencari ridhomu. Karena alquran dan sunnah selalu mengajarkan untuk berbuat baik dan berbakti pada orang tua, ibu.
Janganlah membiarkan seorang anak ini tidak merindukan sosok ibu, karena sosok ibu selalu digambarkan sebagai sosok mulia. Sosok Rabb yang melindungi, mengayomi anaknya didunia.

Jumat, 29 April 2011

Maher Zain - Insya Allah


Everytime you feel like you cannot go on 
You feel so lost
That your so alone
All you is see is night
And darkness all around
You feel so helpless
You can’t see which way to go
Don’t despair and never loose hope
Cause Allah is always by your side
Insha Allah x3
Insya Allah you’ll find your way

Everytime you commit one more mistake
You feel you can’t repent
And that its way too late
Your’re so confused, wrong decisions you have made
Haunt your mind and your heart is full of shame
Don’t despair and never loose hope
Cause Allah is always by your side
Insha Allah x3
Insya Allah you’ll find your way
Insha Allah x3
Insya Allah you’ll find your way
Turn to Allah
He’s never far away
Put your trust in Him
Raise your hands and pray

OOO Ya Allah
Guide my steps don’t let me go astray
You’re the only one that showed me the way,
Showed me the way x2
Insyaallah x3
Insya Allah we’ll find the way

Terus semangat!

Bersabar dan ikhlaslah dalam setiap langkah perbuatan
Terus meneruslah berbuat baik ketika dikampung atau dirantau
Jauhilah perbuatan buruk, dan ketahuilah pelakunya pasti diganjar, diperut bumi dan diatas bumi
Bersabarlah menyongsong musibah yang terjadi dalam waktu yang mengalir
Sungguh didalam sabar ada pintu sukses dan impian kan tercapai
Jangan mencari kemuliaan dikampung kelahiranmu
Sungguh kemuliaan itu ada dalam perantauan di usia muda
Singsingkan lengan baju dan bersungguh sungguh lah mencapai impian
Karena kemuliaan tak akan bisa diraih dengan kemalasan
Jangan bersilat kata dengan orang yang tak mengerti apa yang kau katakan
Karena debat kusir adalah pangkal keburukan
-Syair Ahmad Hasyimi -
(sumber: Ranah 3 Warna)
Kembali membaca sekilas tumpukan novelku yg gak seberapa, syair diatas berhasil membuat saya manggut2 setuju. Apalagi dengan kondisi yang sepertinya haus motivasi, jenuh.
Bagaimanapun lingkungan kita, apapun itu.. tetaplah hanya berbuat baik. Tetap bersabar, bukan pasrah. Sabar dalam arti aktif untuk mencari jalan keluar, terus berusaha. Siapa lagi yang akan menopang diri kita, jika bukan kita sendiri. I'timad ala nafsik (bertumpu pada diri sendiri). 
You can change all things for the better when you change your self for the better -- Jim Ron (sumber: 9 Matahari)
Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11
 Adalah hak setiap orang untuk menjadi yang luar biasa! Tetap Semangat!!!

Rabu, 27 April 2011

Membuat Login Page Dengan CodeIgniter - PHP

Melanjutkan postingan sebelumnya, kali ini saya akan mencoba untuk membuat halaman login. Karena banyak sekali aplikasi yang menggunakan sistem login & logout.
Sistem ini masih sederhana, yaitu user akan memasukkan username dan password, yang kemudian akan dicocokkan dengan username dan password pada database. Jika data user cocok maka akan masuk ke halaman home, jika tidak maka akan kembali ke halaman login.
note: untuk password saya enkripsi menggunakan md5.
Ok.. lets try, enjoy coding.. *menghibur diri*
1. Pastikan konfigurasi CI sudah benar, dan database sudah tersedia
2. Buat halaman login.php di application/view/login.php
    Insert script berikut diantara tag <body> </body>

<?php
if ($this->session->flashdata('message')){
?>
     <div class="msg"><?php echo $this->session->flashdata('message'); ?></div>
<?php } ?>
<?php  echo form_open('login/process_login') . "\n"; ?>
<p>
<label for="username">Username </label><?php echo form_input($username); ?>
</p>
<p><label for="password">Password</label><?php echo form_password($password); ?>
</p>
<p>
 <?php echo form_submit($login); ?>
</p>
<?php echo form_close(); ?>


3. buat halaman login.php di application/controllers/login.php
<?php
class Login extends CI_Controller {
function __construct()
{
parent::__construct();
$this->load->helper('url', 'form');
$this->load->library('form_validation', 'encrypt');
}
function index()
{
   if ($this->session->userdata('logged_in') == TRUE)
   {
       redirect('home');
   }
 
   $data['title']      = 'Halaman login';
   $data['username']   = array('id' => 'username', 'name' => 'username');
   $data['password']   = array('id' => 'password', 'name' => 'password');
$data['login']      = array('class' => 'button', 'name' => 'login');
$this->load->view('login', $data);
}
function process_login()
{
   $username = mysql_real_escape_string($this->input->post('username'));  //get username
   $password = mysql_real_escape_string($this->input->post('password'));  //get password
   $password = md5($password);
//the query is to matching the username+password user with username+password from database
$q = $this->db->query("SELECT username, privilege  FROM cms_users WHERE username='$username' AND password='$password'");
   if ($q->num_rows() == 1)
   {
$username =$q->row()->username;
$privilege = $q ->row()->privilege;
//if the query is TRUE, then save the username into session and load the welcome view
       $data_session = array(
                   'username'  => $username,
  'privilege' => $privilege,
                   'logged_in' => TRUE
            );
            $this->session->set_userdata($data_session);
            redirect('home');
   }
   else
   {
       $this->session->set_flashdata('message', 'username or password is incorrect, please try again.');
       redirect('login/index');
   }
}
function logout()
{
   $this->session->sess_destroy();
 
   redirect('login/index');
}
}
?>

4. Ops, belum nyiapin table di mysql-nya, create dulu..

CREATE TABLE `users` (                            
             `id` int(10) NOT NULL auto_increment,                
             `username` varchar(50) default NULL,                
             `password` varchar(50) default NULL,                
             `privilege` varchar(20) default NULL,                
             PRIMARY KEY  (`id`)                                  
 )
insert into users (username, password, privilege) values ('admin', md5('admin'), 'admin') 
5. Jalankan dibrowser 
http://localhost/testing 
username-password: admin-admin
6. Jika login berhasil, anda akan masuk ke halaman homeredirect('home');". sehingga kita perlu satu halaman lagi. Buat home.php di applications/view
Insert script berikut diantara <body></body>

<p align="center">
<?php 
if(isset($welcome)) 
echo "<br /><span style='color:red;' size='2' >$welcome</span> <br />";
echo "<span style='color:white;' size='2' >".$date;
        echo anchor("login/logout", 'Logout')
?>
</p>


Untuk point 2, silakan dimodifikasi agar terlihat bagus tampilannya :)   Semoga bermanfaat.  

Senin, 11 April 2011

Harga Tiket KIMCHI di Indonesia

KIMCHI (Korean Idols Music Concert Hosted in Indonesia) akan dipastikan tampil di Jakarta, tepatnya istora senayan tanggal 4 Juni 2011. Acara ini di promotori oleh WProductions, yg pernah juga mendatangkan rain dan ki bum (personil BBF) ke jakarta. 
Kabar baik untuk penggemar  Super Junior, karena SUJU akan ikut memeriahkan acara ini. chukkae ELF indonesia ^^.. I'm so happy too. Selain itu akan ada juga Park Jung Min, The Boss, Girl's Day and X-5. Saya kurang tau kalo yg ini, hehehe..

Cekidot untuk seating plan dan ticketing pricenya:

Ticket Price:
VIP : 2.500.000[Numbered seating] 
Festival1: 2.000.000 
Festival2: 1.500.000 [Free standing]
Tribune1: 2.000.000 
Tribune2: 550.000 [Free seating]
Tiket akan mulai dijual pada tanggal 17 April 2011 di Blizt Atrium Mall Barat  lt 8 Grand Indonesia jam 10.00.

Cuma bisa melongo liat harganya. Gak worth it banget dengan seat plan nya. aigooo... jadi bertanya-tanya. Ada SS4 kah di Indonesia? Mending nonton SS4 sekalian kalo gini sih. Atau sekalian nonton diluar negeri. Seating plannya lebih bagus dan harganya jg masuk akal, bisa jalan2 juga. Untuk ELF yg lain, semangat yaahhh!! 

Jumat, 08 April 2011

Apa itu April Mop

"April moooop", kemudian di ikuti dengan gelak tawa.... Apa itu?!?!  Saya sendiri jg kurang begitu faham. Setiap tanggal 1 April, pasti sering banget denger kata2 April Mop atau dikenal juga dengan April Fool's Day. Di tanggal itu,  para pecinta humor  sedunia atau orang-orang jahil akan bersiap mengerjai teman, orang tua, atau bahkan orang yg gak mereka kenal sekalipun. 
Saya sampai heran kenapa sampai ada tradisi ini, knapa harus tanggal 1 April?.. Apa manfaatnya ngerjain orang?. Sama sekali tidak ada gunanya, pikirku. Alhasil, saya ingin tau knapa sampai ada April Mop, dari mana awal mulanya. Masa mau ikut2an doank tanpa tau alasan dan tujuannya. Masalahnya saya tau istilah ini setelah saya bisa membaca (baca: berpikir)  Ok deh, langsung cari-cari aja @_@
Dari mbah wikipedia
lah kok penjelasannya cuma itu aja, belum ada sejarahnya kenapa ada April Mop, peristiwa yg dicontohkan disini kok malah hasil2 lelucon April Mop. Semakin penasaran part II , cari-cari lagi. Baca-baca di artikel banyak yg cuma ngasih contoh leluconnya. Sampe ada istilah joke terkenal sepanjang masa T___T
Tapi tiba-tiba saya kaget ketika membaca artikel yang satu ini.

Masya Allah, Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.. Antara percaya dan tidak. Miris sekali bacanya. Sebagai muslim, jika saya mengikuti kebiasaan ini.. pantaskah?!?! *langsung sakit kepala*

Rabu, 06 April 2011

Settingan Awal CodeIgniter - PHP

Meski udah lama bergelut ama PHP, tapi baru akhir2 ini saja saya belajar pake framework. Agak telat sih emang, hehehe.. tapi gpp lah daripada gak sama sekali. Nah, kali ini saya belajar pake CodeIgniter atau yang dikenal dgn CI. Sepertinya lebih mudah dr framework2 yg lain, menurutku :p
Disini saya cuma mau nulis bagaimana cara menggunakan CI dari awal, ini sekalian buat catetanku jg. Suka lupa kalo gak dicatet, apalagi kalo cuma dipraktekin sekali dua kali aja  >.<
Langsung aja, cekidot:
1. Download dulu sourcenya disini . Kebetulan saya pake yg versi 2.0.1
2. Extraks zip file, kemudian taruh di document root web, contoh:  /var/www/html/
3. Rename folder sesuai aplikasimu, contoh: CodeIgniter V 2.0.1 menjadi testing
4. Edit file di application/config/config.php atau system/application/config/config.php untuk versi 2 kebawah.
    $config['base_url'] = "http://localhost/testing/";
  $config['index_page'] = 'index.php'; //atau bisa dikosongin aja
5. Edit file pada application/config/database.php Ubah sesuai konfigurasi database yg dipakai.
  $active_record = TRUE;
  $active_group = "default"; 
  $db['default']['hostname'] = "localhost";
  $db['default']['username'] = "db_username";
  $db['default']['password'] = "db_password";
  $db['default']['database'] = "db_name"; 
  $db['default']['dbdriver'] = "mysql";
  $db['default']['dbprefix'] = "";
  $db['default']['pconnect'] = TRUE; 
  $db['default']['db_debug'] = TRUE;
  $db['default']['cache_on'] = FALSE;
  $db['default']['cachedir'] = "";
  $db['default']['char_set'] = "utf8";
  $db['default']['dbcollat'] = "utf8_general_ci";
6. Edit file pada application/config/autoload.php .Ubah konfigurasi sesuai dg kebutuhan, misalnya jika aplikasi kita tdk menggunakan session pada $autoload['libraries'], array session dihilangkan saja. Untuk menjaga aplikasi tetap ringan, gak mubadzir lah maksudnya.. 
  $autoload['libraries'] = array('database','session');
  $autoload['helper'] = array('url','form','text','date');
  $autoload['model']  = array();
  $autoload['config'] = array();

7. Edit file pada application/config/routes.php .Contoh dibawah akan mengarahkan default awal web adalah halaman login. Aplikasi akan mengarah pada http://localhost/testing/index.php/login
  $route['login'] = "login"; 
8. Untuk mempermudah penggunaan, jangan lupa pake user guide nya.

Ini baru setting untuk config aja. Selanjutnya kita akan membuat model dan view untuk halaman login.
Next > >

Ibu, mengertilah aku...

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah saw dan bertanya kepada beliau, “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling berhak aku perlakukan dengan baik?” Beliau menjawab, “Ibumu! Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Rasul menjawab lagi, “Ibumu!” Ia balik bertanya, “Siapa lagi?” Rasul kembali menjawab, “Ibumu!” Ia kembali bertanya, “Lalu siapa lagi?” Beliau menjawab, “Bapakmu!” (HR. Bukhari dan Muslim).
Syurga ada ditelapak kaki ibu... Begitu mulia sosok ibu digambarkan. Maka sepatutnyalah kita memuliakannya, karena demikianlah kita dianjurkan, diajarkan. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat kepada orang tua kita.

إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً
Artinya : Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun (QS, Al-Ahqaf 15)
Tetapi.. Tahukah engkau duhai ibuku, yang kutahu pasti akan selalu menyayangiku dengan caranya, terkadang terasa begitu memberatkanku. Janganlah terlalu memberatkanku dgn ini itu, supaya aku slalu husnudzon kepadamu  :) :) :)  Bagaimanapun aku kn mencintaimu, ibu.... Kok saya jd speechless gini ya, bingung mau ngomong apa. Ada kutipan doa yang bagus nih, entah dr mana sumbernya, mudah2an bisa mewakili doa seorang anak untuk orang tuanya :

Ya Allah, rendahkanlah suaraku bagi mereka, 
       Perindahlah ucapanku di depan mereka
       Lunakkanlah watakku terhadap mereka dan 
       Lembutkanlah hatiku untuk mereka
Ya Allah, berilah mereka balasan yang sebaik-baiknya 
      atas didikan mereka padaku dan Pahala yang besar 
      atas kesayangan yang Mereka limpahkan padaku, 
      Peliharalah mereka Sebagaimana mereka memeliharaku
Ya Allah, apa saja gangguan yang telah mereka rasakan
      atau kesusahan yang mereka derita karena aku,
      atau hilangnya sesuatu hak mereka karena perbuatanku, 
      jadikanlah itu semua penyebab gugurnya dosa-dosa mereka,
     meningginya kedudukan mereka 
    dan bertambahnya pahala kebaikan mereka dengan perkenan-Mu, 
Ya Allah sebab hanya Engkaulah yang berhak membalas kejahatan dengan kebaikan berlipat ganda. 
Ya Allah, bila magfirah-Mu telah mencapai mereka sebelumku,
      izinkanlah mereka memberi syafa'at untukku. 
      Tetapi jika magfirah-Mu lebih dahulu mencapai diriku, 
      maka izinkahlah aku memberi syafa'at untuk mereka,
      sehingga kami semua berkumpul bersama dengan santunan-Mu
     di tempat kediaman yang dinaungi kemulian-Mu, ampunan-Mu serta rahmat-Mu
Sesungguhnya Engkaulah yang memiliki Karunia Maha Agung, serta anugerah yang tak berakhir dan Engkaulah yang Maha Pengasih Di antara semua pengasih

Selasa, 05 April 2011

Going extra miles - Ranah 3 Warna

Begitu terkesan, terharu, sekaligus bangga dengan novel   Ranah 3 warna, novel kedua dari trilogi Negeri 5 Menara.  
Menceritakan seorang Alif Fikri, yg saya rasa adalah pengarang novel ini yaitu A.Fuadi, seorang alumus Pondok Madani Jawa Timur. Alif, yang bahkan tidak mempunyai ijasah SMA ingin melanjutkan cita-citanya yang dulu sering di impikannya bersama shahibul menara (sebutan teman karibnya diPesantren) yaitu kuliah di ITB menjadi seorang seperti habibie kemudian belajar sampai Kanada, Amerika. Tinggi betul cita-citanya....
Untuk sinopsis lanjutannya bisa klik disini.


Ada beberapa point yang membuat saya terkesan pada novel ini, antara lain:

  • Man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil. kalimat ini banyak disinggung di novel yang pertama.
  • Man shabara zafira, siapa yang sabar akan beruntungAntara usaha sungguh2 dan sukses itu ada jarak, yang bisa dekat, bisa juga sangat jauh. Itulah ruang untuk sebuah kata bernama sabar.
  • Going the extra milesmelebihkan usaha diatas rata2 orang lain
Kalimat yang sebenernya sudah tidak asing lagi ditelinga, namun susah untuk di praktekin *ngomong sama diri sendiri, hehehe*. 
Sebenarnya membaca novel ini seperti ikut merasakan ada didalamnya karena saya juga alumnus pondok pesantren. Sempat beberapa tahun yang lalu, saya akan masuk Pondok Madani, seperti yang diceritakan di novel ini. Tetapi karena tidak akan mendapat ijasah nasional dan setelah 3 tahun belajar harus mengabdi di pesantren selama 1 tahun, akhirnya saya memutuskan untuk belajar di pesantren Darul Ulum Jombang, Jawa Timur. Pondok yang didalamnya kita bisa belajar ilmu umum dan agama *dapet ijasah 2*. Bukan berarti saya tidak bangga dgn almamater saya yg sekarang. Tetapi membaca novel ini, membuat saya iri dan ingin belajar di pesantren yang bisa begitu memberikan nasehat2 dan petuah2 yang luar biasa. Menciptakan insan yang berpikiran modern, tak kenal putus asa, dan qurani. Insya Allah.
High recomended deh novelnya, bisa ikutan termotivasi..