Sabtu, 30 April 2011

Doa ibu itu makbul?

"Dasar anak bodoh!"
"Mati saja kamu, kalau hanya membuat malu keluarga!". 
"Mudah2an kamu tertabrak truk saja kalo begini!!"
"Bodoh!". Teriak seorang ibu bertubi-tubi pada anaknya.
Na'udzubillah.. Ampunilah ibu ini ya Allah, redakan amarah dan lembutkan perkataannya.
Miris hati ini melihat, mendengar ada seorang ibu yang mengeluarkan sumpah serapah terhadap anaknya. Bahkan tidak segan-segan memukul anaknya seperti memukul binatang.

Sering saya mendengar, "Perkataan seorang ibu adalah doa", "Doa ibu itu makbul atau terkabulkan", "Ridho orang tua adalah ridho Allah". 
 "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya". (Al-Isra': 23)
Dari Abu Hurairah sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tiga macam doa yang pasti terkabulkan; doa orang tua untuk anaknya, doa orang musafir dan doa orang yang teraniaya". (Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Al-Albani).
Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah saw dan bertanya kepada beliau, “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling berhak aku perlakukan dengan baik?” Beliau menjawab, “Ibumu! Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Rasul menjawab lagi, “Ibumu!” Ia balik bertanya, “Siapa lagi?” Rasul kembali menjawab, “Ibumu!” Ia kembali bertanya, “Lalu siapa lagi?” Beliau menjawab, “Bapakmu!” (HR. Bukhari dan Muslim). 
Lihat bagaimana seorang ibu lebih dimuliakan kedudukannya. Tapi jika demikian kondisinya,  apakah terkabulkan doa ibu tersebut? Ibu seperti apakah yang sebenarnya dimaksud oleh hadist itu  atau oleh pepatah itu.. Sosok ibu seperti apa yang doanya makbul itu? 

Wahai ibu, lembutkanlah suaramu. Doakan yang baik-baik terhadap anakmu. Bukankah juga ada pepatah yang mengatakan "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, sifat seorang anak tidak jauh dari orang tuanya". Janganlah mempersulit seorang  anak untuk ikhlas berbakti padamu, mencari ridhomu. Karena alquran dan sunnah selalu mengajarkan untuk berbuat baik dan berbakti pada orang tua, ibu.
Janganlah membiarkan seorang anak ini tidak merindukan sosok ibu, karena sosok ibu selalu digambarkan sebagai sosok mulia. Sosok Rabb yang melindungi, mengayomi anaknya didunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar